It is More Nice To be Important But It is More Important To be Nice

Selasa, 22 Maret 2011

Pemasaran, Promosi dan Kepuasan Pelanggan

Pemasaran
• Adalah Segala Daya Upaya Manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui proses tukar – menukar yang layak dan teratur, sehingga kedua belah pihak yang melaksanakan pertukaran dapat memperoleh kepuasan
Pentingnya Pemasaran
• Semua Pengusaha menyadari bahwa pemasaran sangat penting bagi keberhasilan usaha perusahaan, karena dapat menentukan hidup – matinya perusahaan
• Pentingnya Pemasaran bagi produsen adalah dapat menentukan mengalirnya barang-barang dan jasa ke konsumen secara cepat dan tepat.
• Un tuk mempertahankan usaha dari banyaknya persaingan maka perencanaan strategi pemasaran disusun secermat mungkin
Pelayanan Prima
• Adalah sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan
• Pelayan Prima merupakan pelayanan yang berorientasi pada pemenuhan tuntutan pelanggan mengenai kualitas produk ( barang dan jasa ) sebaik- baiknya
• Utk mendukung Pelayanan Prima dikembangkan TQM (Total Quality Management) : Sistem Manajemen yang melibatkan semua manajemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas proses organisasi agar kebutuhan, kinginan, harapan pelanggan terpenuhi
Pelayanan Prima dikembangkan berdasar Konsep A3
• A. Konsep Attitude ( Sikap )
Calon pembeli / pelanggan mengharapkan sikap dan perilaku yang baik, menyenangkan dari pelayan / petugas yang ada di toko / perusahaan sehingga kepuasan pembeli terpenuhi serta kemungkinan besar pengalaman disampaikan kepada orang lain, yang akhirnya menjadi promosi gratis bagi perrusahaan
• B. Konsep Attention
Untuk dapat menimbulkan keinginan dari calon pembeli, penjual dapat memberikan perhatian kepada pembeli dengan cara mengadakan komunikasi yang diarahkan kepada pembeli produk / jasa
• C. Konsep Action
Dalam menghadapi pembeli tidak cukup hanya berdasar konsep sikap dan perhatian saja, tetpi harus diikuti juga dengan konsep tindakan.
Promosi
 Adalah Kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
 Promosi merupakan salah satu alat untuk mempengaruhi konsumen, baik langsung maupun tidak langsung
Tujuan Promosi
 1. Merubah tingkah laku dan pendapat konsuen
 2. Mendorong konsumen agar lebih banyak menngunakan produk dan embeli produk dalam jumlah besar, serta mengingatkan konsumen akan manfaat produk
 3. Untuk menarik konsumen lain yang bersaing dengan produk yang sedang dipromosikan
 4. Mempertahankan merek produk perusahaan
Sasaran Konsumen
 A. Seluruh masyarakat konsumen
 B. Pembeli produk perusahaan tersebut
 C. Pemakai produk sekarang
 D. Masyarakat punya daya beli
 E. Distributor dan agen yang bersedia menjual produknya
 F. Pemerintah yang memerlukan produk
 G. Pemegang kekuasaan dan punya perintah untuk membelinya
Merencanakan bentuk Promosi
 1. Advertensi ( Periklanan )
 2. Personal Sellling
 3. Sales Promotion
 4. Publicity


Kepuasan Pelanggan
 Adalah Penilaian pelanggan terhadap produk atau pelayanan yang telah memberikan tingkat kenikmatan seperti yang diharapkan.
 Oleh karena itu, pelanggan tidak akan merasakan kepuasan apabila pelanggan memberi penilaian bahwa harapannya belu terpenuhi
Prinsip Kepuasan Pelanggan
 1. Sesuatu yang penting
 2. Pahami harapan pelanggan
 3. Pilih pelanggan yang tepat
 4. Pelajari faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
 5. Pelanggan loyal yang mau komplain
 6. Beri jaminan pelanggan
 7. Dengar suara pelanggan
 8. Arti penting karayawan dala kepuasan pelanggan
 9. Kepeminpinan teladan kepuasan pelanggan
Faktor mempengaruhi Kepuasan Pelanggan
 1. Kualitas produk
 2. Harga
 3. Kualitas Pelayanan
 4. Faktor Emosional
 5. Faktor Kemudahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar